Kata pengantar
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT karena atas rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan makalah Pengantar
Teknologi Multimedia dengan judul materi makalah “Makalah” ini dengan tepat
waktu. Penulisan makalah ini bertujuan untuk menyelesaikan salah satu tugas
dari Dosen Mata Pengantar Teknologi Multimedia (nama dosennya)
Makalah
ini ditulis berdasarkan sumber yang berkaitan dengan materi animasi, serta informasi
dari berbagai media yang berhubungan dengan animasi
Kami
berharap makalah ini dapat menambah wawasan mengenai Multimedia terutama materi
mengenai Animasi. Sehingga kita dapat
memahami dan mengerti tentang multimedia dan animasi. Dan penulis berharap bagi
pembaca untuk dapat memberikan kritik dan saran agar makalah ini menjadi lebih
sempurna.
Penulis
Daftar Isi
Kata pengantar
Daftar Isi
BAB I Pendahuluan
A. Latar belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
BAB II Pembahasan
A. Pengertian
Multimedia
B. Pengertian Animasi
C Prinsip Dasar
Animasi
D. Jenis-jenis animasi
E. Jenis software
F. Perbedaan antara
Cell Animation dan Digital Animation
G. Proses Pembuatan
Animasi
Bab III Penutup
A. Kesimpulan
Daftar Pustaka
BAB I Pendahuluan
A. Latar belakang
Pada abad ke 20 ini semua orang hidup
dengan barang-barang modern dan canggih. Saat ini kita hidup di era teknologi
informasi, era dimana alat-alat teknologi digital dilahirkan. Bukan tanpa
alasan, lahirnya penemuan-penemuan di bidang teknologi adalah untuk mempermudah
pekerjaan manusia. Komputer, internet, e-mail, dan lainnya,
merupakan deretan penemuan besar manusia yang tercipta di era ini. Hingga saat
ini, penemuan-penemuan tersebut telah memiliki sumbangsih nyata dalam membantu
mempermudah pekerjaan manusia. Selain bertujuan mempermudah pekerjaan manusia,
penemuan-penemuan di bidang teknologi informasi juga bertujaun membantu
memenuhi kebutuhan manusia yang semakin komplek. Hal ini dibuktikan dengan
munculnya berbagai inovasi di dunia teknologi informasi untuk memenuhi
kebutuhan tersebut, terutama kebutuhan informasi dan hiburan (intertainment).
Dan salah satu penemuan yang paling dikenal adalah munculnya istilah
multimedia. Maka kemudian banyak diciptakannya alat-alat yang mendukung konsep multimedia
ini.
Lahirnya
teknologi multimedia adalah hasil dari perpaduan kemajuan teknologi elektronik,
teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan
gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi
suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan
teknologi dari unsur – unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan
didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk
interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Teknologi
Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras
maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta
pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek
kegiatan.
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga
pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila
dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya
terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang
dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai
dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality). Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga
diadopsi oleh dunia Game. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan
dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran,
baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia
digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media
kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
B. Rumusan Masalah
·
Pengertian Multimedia dan animasi
·
Pembagian animasi
·
Proses pembuatan animasi
C. Tujuan
·
Mengetahui pengertian multimedia dan
animasi
·
Mampu memahami dan mengerti tentang
multimedia dan animasi
BAB II Pembahasan
A. Pengertian Multimedia
Secara bahasa, multimedia
terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berati
banyak atau bermacam-macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu
yang digunakan untuk menyampaikan informasi (pesan). Jadi, menurut bahasa
multimedia dapat diartikan alat-alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Sedangkan
menurut pendapat beberapa ahli, pengertian
multimedia :
Mc. Comick,
1996
Kombinasi
dari tiga elemen : suara, gambar dan text.
Rosch, 1996
Kombinasi
dari komputer dan video.
Hofstekter,
2001
Multimedia
dalam konteks komputer adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Robin dan
Linda, 2001
Alat yang
dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan
teks-grafik, animasi, audio dan video.
Turban,
dkk., 2002
Kombinasi
dari paling sedikit dua media input dan output. Media ini dapat berupa audio
(suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar.
B. Pengertian Animasi
Animasi
sendiri berasal dari bahasa latin yaitu “anima” yang berarti jiwa, hidup, semangat.
Sedangkan karakter adalah orang, hewan maupun objek nyata lainnya yang
dituangkan dalam bentuk gambar 2D maupun 3D. shingga karakter animasi secara
dapat diartikan sebagai gambar yang memuat objek yang seolah-olah hidup,
disebabkan oleh kumpulan gambar itu berubah beraturan dan bergantian
ditampilkan. Objek dalam gambar bisa berupa tulisan, bentuk benda, warna dan
spesial efek.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam
bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi
definisikan sebagai berikut :
“Animation is the process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the illusion
of continues motion” ( Ibiz Fernandez McGraw- Hill/Osborn, California,
2002)
Yang artinya
kurang lebih adalah :
“Animasi
adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serangkaian gambar statis
untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.” Berdasarkan arti harfiah, Animasi
adalah menghidupkan. Yaitu usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak bisa
bergerak sendiri.
C. Prinsip Dasar Animasi
Animasi dibangun berdasarkan
manfaatnya sebagai media yang digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya :
- Media hiburan
- Media presentasi
- Media iklan
- Media ilmu pengetahuan
- Media bantu
- Media pelengkap
1. Media
hiburan, animasi digunakan untuk menghibur pengguna animasi tersebut, sehingga
memberikan kepuasan. Animasi sebagai media hiburan biasanya digarap dengan
sangat serius karena sebagai produk dagangan yang memiliki harga jual. Sebagai
media hiburan, animasi digarap sebagai project, contohnya film, video klip,
games, dan lain-lain..
2. Media
presentasi, animasi digunakan untuk membuat menarik perhatian para audien atau
peserta presentasi terhadap materi yang disampaikan oleh presenter. Dengan
penambahan animasi pada media presentasi membawa suasana presentasi menjadi
tidak kaku
Fungsi animasi dalam presentasi diantaranya :
- Menarik perhatian dengan adanya pergerakan dan suara yang selaras
- Memperindah tampilan presentasi
- Memudahkan susunan presentasi
- Mempermudah penggambaran dari suatu materi
3. Pada media
iklan, animasi dibangun sedemikian rupa agar penonton tertarik untuk membeli
atau memiliki atau mengikutiapa yang disampaikan dalam alur cerita dari animasi
tersebut.
Contoh :
- Iklan produk
- Penyuluhan kesehatan
- Iklan layanan masyarakat
4.
Media ilmu pengetahuan, animasi memiliki kemampuuan
untuk dapat memaparkan sesuatu yang rumit untuk dijelaskan hanya dengan gambar
atau kata-kata saja. Dengan kemampuan ini maka animasi dapat digunakan untuk
menjelaskan suatu materi yang secara nyata tidak dapat terlihat oleh mata,
dengan cara melakukan visualisasi maka materi yang dijelaskan dapat
tergambarkan. Selain itu animasi sebagai media ilmu pengetahuan dapat dijadikan
sebagai perangkat ajar yang siap kapan saja untuk mengajarkan materi yang telah
dianimasikan, terutama dengan adanya teknologi interaktif pada saat ini baik
melalui perangkat komputer ataupun perangkat elektronik lainnya. Pada perangkat
komputer ini dikenal dengan istilan CAI (Computer Aided Instruction).
Contohnya :
- Animasi dokumenter dinosaurus
- Pembelajaran Fisika
- Pembelajaran Sholat dan cara baca Al Qur’an
- Perjalanan dalam dunia maya
- Ensiklopedi jagat raya
- Darah dalam tubuh manusia.
5.
Media bantu, animasi digunakan sebagai perangkat
penuntun atau petunjuk dalam melakukan sesuatu. Sebagai media bantu, animasi
akan terlihat menonjol atau memberikan daya tarik atau memunculkan fokus baru
terhadap sesuatu yang perlu dibantu.
Contohnya :
- Pedoman penggunaan TV dan alat elektronik
- Petunjuk cara penggunaan aplikasi
- Petunjuk tata cara penggunaan produk
6.
Media pelengkap, animasi digunakan sebagai pelengkap
atau hiasan pada suatu tampilan yang digunakan untuk mempercantik atau menarik
pada objek yang ditampilkan.
Contohnya :
- Tombol animasi
- Banner
- Bingkai / frame
- Tulisan
D. Jenis-jenis animasi
Dilihat dari tehnik pembuatannya
animasi yang ada saat ini dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu:
1. Animasi Stop-motion (Stop Motion Animation)
2. Animasi Tradisional (Traditional
animation)
3. Animasi Komputer (Computer
Graphics Animation)
1. Stop-motion animation
Stop-motion animation sering pula
disebut claymation karena dalam
perkembangannya, jenis animasi ini sering menggunakan clay (tanah liat) sebagai
objek yang digerakkan . Tehnik stop-motion animation merupakan
animasi yang dihasilkan dari penggambilan gambar berupa obyek (boneka atau yang
lainnya) yang digerakkan setahap demi setahap. Dalam pengerjaannya teknik ini
memiliki tingkat kesulitan dan
memerlukan kesabaran yang tinggi.
Wallace and Gromit dan Chicken Run , karya Nick Parks,
merupakan salah satu contoh karya
stop motion animation.
2. Animasi Tradisional (Traditional animation)
Tradisional animasi adalah
tehnik animasi yang paling umum dikenal sampai saat ini. Dinamakan tradisional
karena tehnik animasi inilah yang digunakan pada saat animasi pertama kali
dikembangkan. Tradisional animasi juga sering disebut cel animation karena tehnik pengerjaannya dilakukan pada celluloid
transparent yang sekilas mirip sekali dengan transparansi OHP yang sering
kita gunakan. Pada pembuatan animasi tradisional, setiap tahap gerakan digambar
satu persatu di atas cel.
Dengan berkembangnya teknologi
komputer, pembuatan animasi tradisional ini telah dikerjakan menggunakan
komputer. Teknik pembuatan animasi tradisional yang dibuat dengan menggunakan
komputer lebih dikenal dengan
istilah ANIMASI 2D.
pinokio salah satu contoh animasi tradisonal buatan Waltdisney
3. Animasi Komputer
Sesuai dengan namanya, animasi ini secara keseluruhan dikerjakan dengan
menggunakan komputer. Dari pembuatan karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta
special effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer.
Dengan animasi komputer, hal-hal yang awalnya tidak mungkin digambarkan
dengan animasi menjadi mungkin dan lebih mudah. Sebagai contoh perjalanan
wahana ruang angkasa ke suatu planet dapat digambarkan secara jelas, atau
proses terjadinya tsunami.
Salah satu contoh animasi komputer THE INCREDIBLES
Animasi Komputer dapat di bagi menjadi 2 jenis, yaitu :
a. Animasi 2 dimensi
Figur dibuat
dan diedit dengan menggunakan bitmap 2D atau menggunakan vector 2D, tehnik ini
meliputi versi komputer dari tweening (gerakan inbetween yang berfungsi sebagai
penghalus suatu gerakan), morphing, onion skinning ( beberapa layer dengan
gambar posisi berkesinambungan supaya ilusi gerak dalam dapat ditangkap), dan
rotoscope terinterolasi.
Animisi 2 dimensi dapat
digolongkan berdasarkan teknik/cara pembuatan (Pangestu 16), yaitu :
1.Animasi Frame : Animasi ini mengandalkan perubahan gerak pada setiap
frame.
2 Animasi Vector
Animasi ini
grafik atau gambar yang digunakan adalah grafik vektor(gambar yang dihasilkan
oleh komputer).salah satu penghasil animasi vector adalah Macromedia Flash dan
sekarang sudah diambil alih oleh Adobe menjadi Adobe Flash CS3.
3. Animasi Blend (computational animation)
Animasi ini
tidak menampilkan gambar pada frame-frame dalam menggerakkan gambar, melainkan
menggunakan perhitungan matematika.
4. Animasi
Morphing
Gerakan
dalam animasi ini muncul akibat perubahan atau transisi dari suatu bentuk ke
bentuk yang lain. Setiap transisi menampilakan suatu urutan frame, dengan demikian
hasil yang didapat adalah pergerakan yang mulus.
5. Animasi
Karakter Fantasi
Tehnik ini
mampu menampilkan karakter obyek secara menonjol animasi karakter mengkhususkan
diri pada pembentukan model dan gerakan baik manusia maupun binatang.
b. Animasi 3 dimensi
Figur dibuat
di komputer menggunakan polygon. Demi memungkinkan meshes ini bergerak
diberikan rangka digital. Proses ini disebut rigging. Bermacam teknik lain dapat diaplikasikan, seperti fungsi matematika (grafitasi), bulu
atau rambut simulasi, efek seperti api atau air, dan sebagainya. Contoh : Shrek
dan The Wild.
Berikut ini merupakan
jenis-jenis animasi menurut Frank Thomas dan Ollie Johnston :
1. Puppet (stop
motion dengan menggunakan boneka)
2. Objek apapun
yang memiliki massa
3. Pixilation (stop motion yang menggunakan manusia)
4. Clay motion
E. Jenis software
Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran,
dari software yang mempunyai kemampuan yang sederhana hingga yang komplek, dari yang gratis hingga
puluhan juta rupiah. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat
dikelompokkan menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3
Dimensi.
1. Software Animasi 2 Dimensi.
Software
animasi 2D adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai
kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat
mengimpor suara. Dari sisi
penggunaan umumnya tidak sulit.
Contoh dari Software Animasi 2D ini antara lain:
Macromedia
Flash
Adobe Flash
Macromedia
Director
ToonBoom Studio
Adobe
ImageReady
Corel RaVe
Swish Max
Adobe After
Effect
2. Software Animasi 3 Dimensi
Software
animasi 3D mempunyai fasilitas dan kemampuan yang canggih untuk membuat animasi
3 dimensi. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain, membuat obyek 3D,
pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import video dan suara, serta masih
banyak lagi. Beberapa software animasi 3D mempunyai kemampuan khusus, misalnya
untuk animasi figure(manusia), animasi landscape (pemandangan), animasi title
(judul), dll. Karena kemampuannya yang canggih, dalam penggunaannya diperlukan
pengetahuan yang cukup tinggi dan terkadang rumit.
Contoh dari
Software Animasi 3D ini antara lain:
3D Studio Max
Maya
Poser (figure animation)
Bryce (landscape animation)
Vue (landscape animation)
Cinema 4D
Blender (gratis)
Daz3D (gratis)
F. Perbedaan antara Cell Animation dan Digital Animation
1. Cell Animation
Kata “cell”
berasal dari kata “celluloid”, yang merupakan material yang digunakan untuk
membuat film gambar bergerak. Sekarang, material film dibuat dari asetat
(acetate), bukan celluloid. Celluloid yang sebenarnya terdiri dari selulosa
nitrat dan kapur barus yang digunakan pertama kali pada pertengahan abad ke 20,
tapi karena mudah terbakar dan dimensi yang tidak stabil lalu digantikan oleh selulosa
asetat. Potongan animasi dibuat pada sebuah potongan asetat atau sel
(cell). Disebut cell animation karena teknik pembuatannya dilakukan pada
celluloid transparent. Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran
yang membentuk sebuah frame animasi tunggal.
Sel animasi
merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk
masing-masing obyek yang bergerak secara mandiri di atas latar belakang.
Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan dan menggambar
kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang berurutan.
Sebuah frame
terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya. Misalnya seorang animator
ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran
latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran
berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki diangkat dan
akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara lembaran-lembaran
(frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus.
Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah tersebut disebut
keyframe. Selain dengan keyframe proses animasi sel dengan layering
dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
Disebut Cell
Animation karena teknik pembuatannya dilakukan pada celluloid transparent.
2. Digital animation
Digital
animation adalah animasi karakter imajinasi yang dibuat dari hasil proses kerja
komputer. Sebelum menggunakan komputer, animasi diselesaikan dengan membuat
film dari gambar tangan atau urutan-urutan gambar di atas plastik atau kertas
(yang disebut dengan cels), satu frame untuk 1/60 detik. Komputer pertama kali
digunakan untuk mengontrol pergerakan dari karakter.
Digital
animation dapat juga membuat special effects dan simulasi gambar yang hampir
tidak mungkin dilakukan dengan tanpa animasi, seperti memberikan penjelasan
mengenai suatu hal yang sulit, contoh animasi solar flare pada matahari.
Digital animation juga dapat digunakan untuk merekonstruksi ulang suatu
kejadian.
Animasi
Digital juga merupakan representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai
hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer
2D. Hasil ini kadang kala ditampilkan secara waktu nyata (real time) untuk
keperluan simulasi. Secara umum prinsip yang dipakai adalah mirip dengan
grafika komputer 2D, dalam hal: penggunaan algoritma, grafika
vektor, model frame kawat (wire frame model), dan grafika
rasternya.
Grafika
komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Namun, model 3D ini
lebih menekankan pada representasi matematis untuk objek 3 dimensi. Data
matematis ini belum bisa dikatakan sebagai gambar grafis hingga saat
ditampilkan secara visual pada layar komputer atau printer. Proses
penampilan suatu model matematis ke bentuk citra 2D biasanya dikenal dengan
proses 3D renderin
G. Proses Pembuatan Animasi
1. Buka aplikasi Macromedia Flash 8, pilih
Flash Document. Akan terbuka lembaran baru, lembaran ini disebut Layer 1.
2. Sekarang saya akan membuat animasi mobil
berjalan berarti perlu membuat 2 buah gambar yaitu Mobil dan
Roda Depan.
3. Buat gambar mobil dengan menggunakan tool yang
berada dibagian sebelah kiri, setelah selesai berarti gambar mobil ini secara
otomatis akan berada pada layer 1.
4. Lalu tambahkan layer 2 untuk membuat roda
depan dengan cara, klik Insert Layer kemudian buat gambar
roda depan.
5. Jika sudah, pasang Roda Depan dengan
menyeretnya kebawah mobil dan warnai mobil dengan Paint Bucket Tool
(K) yang berada pada bilah bagian kiri.
6. Pada layer 2 tekan F8 maka muncul kotak Conver
to Symbol tekan Ok.
7. Ulangi
langkah nomor 6 satu kali lagi. Jika sudah, sekarang buat roda mobil bisa
berputar dengan cara doble klik pada Roda Depan, lalu tarik titik yang
berada dibawah angka satu ke angka 20.
8. Klik kanan area yang diblok tadi, pilih Insert Keyrame.
*Atur kotak Properties (lihat pengaturan pada
gambar dibawah).
*Jika sudah kembali ke Scene 1.
9. Langkah selanjutnya tambahkan layer 3 untuk
Roda Belakang, klik Inser Layer.
10. Copy Roda Depan dengan cara klik layer 2
dan Klik layer 3 untuk paste Roda Belakang.
11. Selanjutnya rubah juga mobil ke Movie Clip dengan
cara, pada layer 1 tekan F8 kemudian Ok.
12. Sekarang kita akan membuat jalan. Terlebih dahulu
geser mobil kekiri, lalu tambahkan Layer 4 dengan cara klik Insert
Layer. Buat jalan dengan menggunakan Line Tool(N). Jika sudah letakan
posisi layer 4 dibagian paling bawah.
13. Selanjutnya, buat Keyframe dengan menarik
semua titik yang berada dibawah angka 1 ke angka 80.
14. Klik kanan yang di blog pilih Insert
Keyframe. Sekarang lepas blok layer 4. Seret mobil ke kiri.
15. Klik pada area yang di blok, pilih Create
Motion Tweem.
16. Sekarang coba tes mobil dengan menekan Enter. Jika
sudah berhasil tinggal di Save.
Bab III Penutup
A. Kesimpulan
Dalam makalah ini dapat disimpulkan
bahwa pada proses pembuatan animasi 3D diperlukan pengetahuan khusus tentang
aplikasi yang dijadikan media pembuatan animasi. Selain itu dalam merancang
animasi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu objek animasi itu
sendiri, armature atau kerangka tulang dari animasi yang berfungsi agar animasi
dapat bergerak bebas, dan timeline yang berfungsi mengatur kapan objek bergerak
atau berhenti.
Daftar Pustaka
Febrianto.Rio.2015.Cara membuat Animasi Bergerak. http://gividia.blogspot.co.id/2014/12/cara-membuat-animasi-bergerak.html
diakses pada tanggal 8 Desember 2015
Animasi.https://id.wikipedia.org/wiki/Animasi
diakses pada tanggal 7 Desember 2015
2015.Pengertian Multimedia Menurut Para
Ahli.http://pengertian-isp.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-multimedia-menutur-para-ahli.html
diakses pada tanggal 30 November 2015
2015. Pengertian Animasi dan Sejarah
Animasi http://itcentergarut.blogspot.co.id/2011/08/pengertian-animasi-dan-sejarah-animasi.html
diakses pada tanggal 30 November 2015
Harno.Bagus Sugih 2015.Pengertian Dasar
Animasi . http://bagussugihharno.blogspot.co.id/2012/09/pengertian-dasar-animasi.html
diakses pada tanggal 30 November 2015
2015. Materi Animasi dan Multimedia https://kiftycubby.wordpress.com/2013/03/18/materi-animasi-dan-multimedia/
diakses pada tanggal 30 November 2015
Widyatama.2015.Pengertian
Prinsip-Prinsip dan Perbedaan Animasi. http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/pengertian-prinsip-prinsip-dan-perbedaan-animasi/
diakses pada tanggal 30 November 2015
thank you
BalasHapusInilah Saatnya Menang Bersama Legenda QQ
BalasHapusSitus Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online !!!
Hanya Dengan 1 id bisa main 7 games boss !!!
CAPSA SUSUN | PLAY POKER | BANDAR POKER | BandarQ | Domino99 | AduQ | SAKONG Terbaik
Ubah mimpi anda menjadi kenyataan bersama kami !!!
Dengan Minimal Deposit dan Raih WD sebesar" nya !!!
Contact Us :
+ website : legendapelangi.com
+ Skype : Legenda QQ
+ BBM : 2AE190C9
Kak di mohon bantuanya mampir ya kak karena disini juga ada kak
BalasHapushttps://animation69.webnode.com/
.